Jakarta – Tiga anggota AMSI, Liputan6.com, KBR, dan IDN Times menyabet penghargaan di ajang bergengsi Digital Media Awards Asia 2024.
Penghargaan yang pertama kali diselenggarakan pada 2009 itu sebagai bentuk pengakuan atas upaya oraganisasi media dalam menerapkan strategi dan beradaptasi atas perubahan tren konsumsi media.
Ajang penghargaan yang merupakan bagian dari Digital Media Asia conference itu berlangsung di the Sofitel Kuala Lumpur Damansara, Malaysia pada Rabu, 24 April 2024. Terdapat 13 kategori dengan 136 peserta dari berbagai negara yang berebut untuk mendapatkan penghargaan di ajang bergengsi bagi para penerbit media itu.
Liputan6.com dengan Fact-6ers Synergy-nya mendapatkan penghargaan Gold Winner untuk kategori Best Fact Checking Project. Sementara IDN TIMES meraih penghargaan Gold Winner untuk kategori Best Use of AI in Revenue Strategy dengan penggunaan generative AI yang merevolusi konsumsi media bagi Gen Z. Anggota AMSI lainnya, KBR dengan KBR Prime-nya menyabet penghargaan Winner untuk Best Innovative Digital Product.
Dalam ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Lembaga penerbit dunia WAN-IFRA, SPH Media yang merupakan penerbit media berbasis di Singapura menjadi juara umum dengan menyabet delapan penghargaan di antaranya lima Gold Winner dan tiga Silver Winner, diikuti South China Morning Post di posisi kedua dengan dua Gold Winner dan dua Silver Winner.
Penerbit nasional yang juga mendapat penghargaan di ajang tersebut adalah Kumparan dengan Gold Winner dalam kategori Best in Audience Engagement dan Kompas Cyber Media yang menyabet dua Gold Winner untuk kategori Best Use of AI in the Newsroom dan Best Innovative Digital Product.