Agensi AMSI

Keberadaan media sebagai pilar keempat demokrasi terancam dari sisi keberlanjutan bisnis. Sejak berkembangnya platform sosial media, porsi iklan digital untuk media online terus menyusut. Hal ini disebabkan karena teknologi yang dimiliki media online dinilai belum mampu menyiapkan data market sesuai kebutuhan pengiklan digital yang berkembang cepat.

Salah satu pihak yang dapat menyiapkan teknologi yang dibutuhkan pengiklan tersebut adalah agency digital besar nasional (termasuk jaringan global) dan platform sosial media. Kondisi ini menjadi tantangan besar bagi media online di Jakarta dan khususnya bagi media online lokal untuk menjaga sumber pendapatan (revenue).

Karena itu AMSI dengan dukungan Internews dan USAID-MEDIA menyiapkan network hub (agency/biro iklan) yang diharapkan dapat menjadi ruang bertukar informasi, market exchange, dan jembatan membangun kerja sama bagi media online lokal dan agency nasional di Jakarta.

Agensi AMSI ini bernama PT Inisiatif Digital AMSI, atau disingkat PT IDiA. PT IDiA didirikan dengan Akte Notaris Sugeng Purnawan SH, nomor 1047 tertanggal 16 November 2022, dan telah mendapat pengesahan sebagai badan hukum perseroan terbatas oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor AHU-0080084.AH.01.01 Tahun 2022.

Tujuan

Secara umum, Agensi AMSI dibuat dengan tujuan untuk memperkuat keberlanjutan bisnis media media digital

Secara khusus bertujuan untuk:

  • Membangun biro iklan sebagai jembatan komunikasi antara media online lokal dan agency nasional di Jakarta
  • Menciptakan ruang saling bertukar informasi antara media online lokal dan agency
  • Menjembatani kerja sama bisnis media online dengan stakeholder bisnis
  • Menciptakan platform iklan yang terpercaya dengan indikator trustworthy news

Manfaat Kerjasama

Cakupan iklan yang lebih luas ke media nasional dan lokal
AMSI saat ini beranggotakan 428 media siber di seluruh Indonesia. Dengan demikian, iklan yang didistribusikan lewat Agensi AMSI cangkupannya tidak hanya media nasional, tapi juga lokal.

Iklan yang ditayangkan tidak misleading karena agensi AMSI menjunjung tinggi good journalism
AMSI berdiri dengan dasar untuk menjaga produk jurnalisme yang sesuai dengan kaidah Dewan Pers. Iklan lewat agensi AMSI akan menjamin tidak adanya misleading dari pemberitaan yang ditayangkan.

Mengikuti dan menjaga brand safety pengiklan
AMSI dengan panduan Ads For News (AFN) telah mengadopsi guideline trustworthy news. Ini adalah standar internasional untuk memastikan keamanan brand dari pengiklan.