Asosiasi Media Siber Indonesia, disingkat AMSI adalah organisasi nirlaba yang dideklarasikan pada 18 April 2017, oleh 26 pemimpin redaksi dan perusahaan media siber yang ada di Indonesia. Anggota AMSI adalah perusahaan/penerbit media siber yang memenuhi standar perusahaan pers sebagaimana ditetapkan oleh peraturan Dewan Pers.

AMSI bertekad membangun ekosistem media siber Indonesia yang sehat, berkualitas, jurnalisme yang patuh pada kode etik, dan tunduk pada kepentingan umum.  Mengenai visi dan misi organisasi secara lengkap, bisa disimak pada anggaran dasar organisasi.

AMSI didirikan di tengah suasana psikologis penuh keprihatinan merebaknya berita bohong, berita palsu (hoaks), misinformasi dan disinformasi di tengah tren penggunaan media sosial di  Indonesia. Sangat ironis karena produksi, penyebaran dan reduplikasi berita hoax acapkali mengatasnamakan media siber yang diamplifikasi secara masif melalui media sosial. 

Karena itulah, para pemimpin media siber mengambil langkah bersama dengan membentuk AMSI.

Berikut nama deklarator pendiri AMSI, 18 April 2017: 

Ketua Presidium : Wenseslaus Manggut (CCO Kapanlagi Network/Pemred Merdeka.com)
Anggota: Iin Yumiyanti (Pemimpin Redaksi Detikcom) Wisnu Nugroho (Pemimpin Redaksi Kompas.com) Mohammad Teguh (Pemimpin Redaksi Liputan6.com) Burhan Sholihin (Pemimpin Redaksi Tempo.co) Dahlan Dahi (Pemimpin Redaksi Tribunnews.com) Maryadi (Pemimpin Redaksi VIVA.co.id) M Budi Santosa (Pemimpin Redaksi Okezone.com)
Nezar Patria (Pemimpin Redaksi Thejakartapost.com) Suwarjono (Pemimpin Redaksi Suara.com) Hery Trianto (Pemimpin Redaksi Bisnis.com) Irfan Junaidi (Pemimpin Redaksi Republika.co.id) Sapto Anggoro (Pemimpin Redaksi Tirto.id) Arifin Asydhad (Pemimpin Redaksi Kumparan.com) Yoko Sari (Pemimpin Redaksi CNNindonesia.com) Ismoko Widjaya (Pemimpin Redaksi Dream.co.id) Adi Prasetya (Head of Digital Beritasatu Media Holdings)
Nuruddin Lazuardi (Pemimpin Redaksi Rimanews.com) Agung Rulianto (Wapemred Arah.com) Nurfajri Budi Nugroho (Wapemred Metrotvnews.com)
Dwi Eko Lokononto (Pemimpin Redaksi Beritajatim.com) Upi Asmaradhana (Pemimpin Redaksi Kabarmakassar.com) Ary Anggadha (Pemimpin Redaksi Otonomi.co.id) Fakhrurodzi Baidi (Pemimpin Redaksi Riauonline.co.id)

Saat dideklarasikan, AMSI beranggotakan 157 perusahaan/penerbit media siber yang tersebar di 17 Provinsi di Indonesia. AMSI terlahir untuk bersama-sama masyarakat, dewan pers, organisasi media dan jurnalis, dan seluruh pemangku kepentingan bersama-sama mewujudkan misi terwujudkan ekosistem media dan bisnis media siber yang berkualitas dan berkelanjutan. 

AMSI secara rutin mengadakan pelatihan, pendidikan, pendampingan/mentoring baik soal manajemen keredaksian maupun bisnis, teknologi, branding dan sebagainya. AMSI juga secara rutin memberi beasiswa kepada media dan jurnalis anggota untuk sejumlah program kegiatan peningkatan kapasitas media.

Selamat datang di dunia media siber. Salam AMSI!

Untuk informasi lebih detil, silakan menghubungi sekretariat AMSI melalui e-mail: [email protected]