Program Berjalan

Media Sustainability and Community Engagement Fellowship Oversight

Administrator
Senin 1 Juli 2024
Media Sustainability

Ini merupakan kegiatan lanjutan dari Activity 2.3.2c.2 Mentoring Program for Selected Local Media Leaders di tahun pertama (Y1, 2021). Dari 10 media yang terpilih, kemudian disaring menjadi 5 media untuk mendapatkan pendampingan lebih intensif selama tiga bulan dengan tidak hanya mentor AMSI, namun juga mentor Newsgain yakni Senior Director Media Business Unit, Jason Lambert, Sustainability Officer Titi Kusumandari, dan Digital Performance Manager, Elshad Gojayev.

Pemilihan 5 media dilakukan lewat wawancara secara online antara masing-masing media dengan Titi Kusumandari. Tools yang digunakan adalah milik Internews dan AMSI tidak memiliki akses untuk hal tersebut. Sementara tim AMSI hanya mendampingi dan memfasilitasi proses interview dan hasil akhirnya media yang terpilih adalah

  1. Harapanrakyat.com (Jawa Barat)
  2. Harianjogja.com (D.I. Yogyakarta)
  3. Murianews.com (Jawa Tengah)
  4. Kabarmakassar.com (Sulawesi Selatan)
  5. Jubi.co.id (Papua)

Setelah seleksi dilakukan dan 5 media terpilih diumumkan, proses mentoring dimulai dengan pertemuan offline dengan menghadirkan dua narasumber, Jason Lambert dan Titi Kusumandari ke Indonesia. Sedangkan Elshad Gojayev mendampingi secara online karena isu teknikal berkaitan dengan Visa. Mentoring offline dilakukan di dua tempat, yakni Yogyakarta dan Makassar pada 27 Juni – 2 Juli 2022.

Kegiatan di Yogyakarta diikuti oleh 3 media di wilayah Indonesia Barat yang terdiri dari Harapan Rakyat, Harian Jogja, dan Muria News. Sementara kegiatan di Makassar dihadiri oleh 3 media dari Indonesia Timur, yakni Kabar Makassar dan Jubi. Kelima media turut membawa tiga perwakilan peserta dari sisi redaksi, bisnis, dan IT.

Susunan kegiatan di dua wilayah, sama. Di hari pertama mentoring offline, Jason memaparkan strategi dalam pengembangan bisnis media. Setidaknya ada dua tools yang dibagikan sebagai bahan assesment media, yaitu PESTLE (politics, economic, sociology, technology, legal, environment) dan VRIO (valuable, rare, inimitable, organized). Sementara di hari kedua, Titi membawakan topik bertema media sosial dan Elshad membahas seputar tips mengoptimasi website media online. Beberapa pembahasan teknikal yang disampaikan termasuk cara memperbaiki SEO dan cara meningkatkan performa user experience

Mentoring one on one dengan Jason, Titi, dan Elshad juga dilakukan oleh tiga perwakilan masing-masing media. Kemudian di hari ketiga, Jason membawakan materi terkait diversifikasi pendapatan bisnis media serta memberikan tugas kepada seluruh media untuk merancang diversifikasi versi masing-masing yang nantinya diimplementasikan dan diarahkan selama tiga bulan pendampingan online.

Setelah pertemuan tatap muka berakhir, AMSI mengatur jadwal pertemuan online 5 media dengan 3 mentor Newsgain. Ini berlangsung sejak Agustus – November 2022 dengan komposisi, 2 kali pertemuan dengan Jason Lambert untuk membahas diversifikasi bisnis, 2 kali pertemuan dengan Elshad Gojayev untuk optimalisasi IT, dan 3 kali pertemuan dengan Titi Kusumandari untuk optimalisasi media sosial.

Sementara di waktu yang sama, para 5 mentor yang juga menjadi pendamping di level intermediate juga tetap melakukan pemantauan dan mentoring kepada 5 media. Pendampingan dilakukan full secara daring via Zoom atau Whatsapp group.