Kegiatan
INDONESIA DIGITAL CONFERENCE 2024: Inovasi untuk Keberlanjutan
Tim Sekretariat
Selasa 13 Agustus 2024
Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) kembali menggelar hajatan tahunan yaitu Indonesia Digital Conference (IDC) kali ini dengan tema “Inovasi untuk Keberlanjutan”. Acara akan berlangsung pada 28-29 Agustus 2024 di Hotel Santika Premiere, Slipi, Jakarta.
Industri media digital di Indonesia dalam satu tahun terakhir tengah mengalami berbagai tantangan. Jumlah pengunjung ke website dan aplikasi media berbasis berita (news media) menurun, demikian juga tren pendapatan media. Bahkan, tak sedikit perusahaan media yang mengurangi jumlah jurnalis untuk beradaptasi dengan proyeksi bisnis yang tidak menentu.
Kondisi ini tentu tidak datang tiba-tiba. Disrupsi digital yang terjadi 10-15 tahun terakhir mengubah secara mendasar industri pers di semua belahan dunia. Distribusi berita kini berada di tangan perusahaan platform digital global seperti Google, Meta, X maupun Tiktok. Laporan Reuters Institute for the Study of Journalism pada Januari 2024 lalu menemukan bahwa jumlah pengunjung situs berita menurun drastis ketika traffic dari media sosial anjlok signifikan.
Disrupsi juga mengubah pola masyarakat mengkonsumsi informasi. Audiens kini punya banyak pilihan sumber informasi di internet. Ekosistem informasi digital dibanjiri dengan konten tentang apa saja, dengan kualitas seadanya. Media yang hanya menayangkan berita tanpa memahami karakter platform digital dan audiens internet, beresiko kehilangan pembaca dan pendapatan.
Di tengah tekanan bisnis ini, peluang tentu masih tersedia. Jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat, dan sudah mencapai lebih dari 210 juta pengguna pada 2023. Demikian juga bisnis periklanan terus bertumbuh. Menurut Nielsen Ad Intel, pada 2022 total belanja iklan di Indonesia mencapai Rp 295 triliun, tumbuh 5,02 persen dari setahun sebelumnya.
Kegagalan untuk mengubah semua peluang itu menjadi kesempatan bisnis bagi media akan merugikan publik. Tanpa media berbasis berita yang independen dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, publik tidak akan memiliki rujukan untuk mengetahui fakta penting di sekelilingnya. Lanskap digital yang kini sudah sesak oleh hoaks akan semakin pengap oleh manipulasi informasi.
Untuk itu, dibutuhkan perubahan fundamental dalam bisnis media digital. Di sisi eksternal, penerbit media digital perlu melakukan evaluasi atas relasinya dengan perusahaan teknologi yang menguasai distribusi konten. Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2024 yang akan berlaku pada 20 Agustus 2024 bisa menjadi pintu masuk untuk negosiasi setara antara penerbit dan platform digital.
Sementara di sisi internal, perlu ada terobosan untuk menemukan manfaat (value) baru pemberitaan untuk publik. Tanpa itu, sulit memonetisasi produk berita yang dibuat penerbit media. Kunci terpenting dari upaya melahirkan terobosan adalah ada tidaknya kultur inovasi di dalam perusahaan media sendiri.
Karena itulah, Indonesia Digital Conference 2024 ini memilih tema “Inovasi untuk Keberlanjutan”. Untuk pertama kalinya, AMSI akan berkolaborasi dengan Indonesia Digital Association (IDA) untuk menyelenggarakan event tahunan ini. Kami sadar, tanpa kemampuan berinovasi --mulai dari mengidentifikasi masalah, merumuskan solusi dan mengeksekusi solusi itu menjadi produk yang bisa diterima audiens-- perusahaan media tidak akan bisa menjamin keberlanjutannya. Padahal, tanpa media yang sehat bisnisnya dan berkualitas kontennya, seluruh ekosistem informasi digital kita pasti terancam.
IDC 2024 kali ini ditandai dengan kehadiran rangkaian kegiatan “Road to IDC 2024” serta “Master Class”. “Road to IDC 2024” adalah diskusi terbuka dan tertutup yang digelar AMSI sebagai pemanasan menuju ajang utama yaitu IDC 2024. Sementara itu “Master Class” adalah kegiatan khusus yang memberikan pembelajaran kelas mahir bagi pelaku-pelaku media profesional untuk terus meningkatkan kapasitasnya.
Rangkaian kegiatan IDC 2024 dimulai dengan “Road to IDC 2024”, “Master Class” serta ditutup dengan penganugerahan AMSI Awards 2024. Registrasi bisa dilakukan dengan mengisi form berikut:
https://bit.ly/KonfirmasiKehadiranIDC2024-UMUM
ROAD TO IDC 2024
Sharing Session: Belajar dari Pengalaman Penerapan Publishers Rights di Kanada
Sabtu, 10 Agustus 2024 pukul 19.00-20.00 WIB
Narasumber: Paul Deegan, Presiden News Media Canada
Moderator: Prodita Sabarini, The Conversation Indonesia
(khusus anggota AMSI)
Diskusi AMSI x 360info x Monash University Indonesia
Menyorot Tata Kelola Melawan Misinformasi pada Pilkada 2024
Selasa, 13 Agustus 2024 pukul 12.00-13.00 WIB
Narasumber: Arief Perdana, Associate Professor, Monash University Indonesia
Moderator: Ria Ernunsari, 360info
(khusus anggota AMSI)
Diskusi AMSI x ICT Watch x KORIKA
Tantangan dan Dilema AI bagi Media dan Jurnalis
Kamis, 15 Agustus 2024 pukul 15.00-17.00 WIB
Keynote speaker: Ninik Rahayu (Dewan Pers)
Pemantik diskusi: Prof. Hammam Riza (Ketua KORIKA)
Pemateri: Donny BU (Advisor ICT Watch), Arkka Diratara (Satgas AI Dewan Pers)
Moderator: Umi Kalsum (IDN Times)
(simak di Youtube AMSI & ICT Watch)
MASTER CLASS
Leadership Hub for Female Media Leaders
Didukung WAN IFRA Women in News
Senin, 27 Agustus 2024 pukul 08.00-17.00 WIB
Lokasi : Gedung IDN Media
Peserta: 10 pemimpin perempuan di media anggota AMSI
Kiat Mengawasi AI Bagi Jurnalis dan Media
Bersama KONDISI (Kelompok Kerja Anti-Disinformasi Digital di Indonesia)
Kamis, 29 Agustus 2024 Pukul 13.00-14.00
Lokasi: Hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta
Pembicara: Damar Juniarto, Ika Ningtyas
Moderator: Rusman
Peserta: Umum
Pentingnya Pelindungan Data Pribadi dalam Pengelolaan Media Siber
Kamis, 29 Agustus 2024 pukul 14.00-15.00 WIB
Lokasi: Hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta
Pembicara: Nani Afrida - Pemimpin Redaksi Independen.id
Peserta: Manajemen media dan jurnalis
INDONESIA DIGITAL CONFERENCE
Rabu, 28 Agustus 2024 |
Acara |
08:00 - 09:00 |
Registrasi Undangan dan Peserta |
09:00 - 09:05 |
Pembukaan Acara oleh MC |
09:05 - 09:10 |
Lagu Indonesia Raya |
09:10 - 09:20 |
Kata Sambutan 1. Elin Yunita Kristanti - Ketua Panitia IDC 2. Dian Gemiano - Ketua Umum IDA 3. Wahyu Dhyatmika - Ketua Umum AMSI |
09:20 - 09:45 |
Pembukaan dan Keynote Speech 1. Ninik Rahayu - Ketua Dewan Pers 2. Perwakilan Pemerintah Amerika Serikat (*) 3. Nezar Patria - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia |
09:45 - 10:00 |
Seremoni Pembukaan |
10:00 - 12:00 |
Diskusi Sesi 1 : "Membangun Relasi yang Setara antara Platform dan Publishers di Era AI" 1. Irene Jay Liu
2. Yos Kusuma
3. Andy Budiman
4. Evi Mariani
Moderator : Wahyu Dhyatmika, CEO Tempo Digital |
12:00 - 13:00 |
Makan Siang |
13:00 - 15:00 |
Diskusi Sesi 2 : "Faktor Kunci Mendorong Inovasi Produk di Industri Media Digital" 1. Hidayat Jati
2. Arkka Dhiratara
3. Heru Tjatur TWP
4. Citra Dyah Prastuti
Moderator : Devi Asmarani, Co-Founder Magdalene |
15:00 - 15:15 |
Coffee Break |
15:15 - 16:15 |
Diskusi Sesi 3 : "Inovasi Cara Bercerita (Storytelling) dan Jurnalisme untuk Audiens Digital" Media digital hanya bisa bertahan jika berorientasi pada kebutuhan audiens, namun tak mudah mengubah mindset redaksi. Bagaimana caranya menciptakan produk digital baru yang bisa mengawinkan kebutuhan audiens dan idealisme redaksi? 1. Wenseslaus Manggut
2. Abigail Limuria
3. Arie Putra
4. Zen Rs
Moderator : Gaib Maruto Sigit, Editor in Chief MNC Trijaya |
Kamis, 29 Agustus 2024 |
Acara |
08:00 - 09:00 |
Registrasi Undangan dan Peserta |
09:00 - 10:30 |
Diskusi Sesi 4 : "Strategi Revenue Stream Baru untuk Media Digital" 1. Yogi Triharso
3. Amir Suherlan
4. Ilona Juwita
Moderator: Dian Gemiano, Ketua Umum Indonesia Digital Association (IDA) |
10:30 - 12:00 |
Diskusi Sesi 5 : "Adaptasi Teknologi Digital untuk Media Siber di Era AI"
1. Dimas Sagita
2. Hatim Varabi
Moderator: Kautsar Ikrami, Director Inventory Partnership TTD |