Program Sebelumnya

Mastering and TOT for Training on Media Management, Business Development and Sustainability

Administrator
Senin 1 Juli 2024
Mastering and TOT

AMSI melakukan dua kegiatan penting, yakni mastering dan TOT modul/kurikulum pelatihan pengembangan media digital. Ini merupakan bentuk evaluasi dan penyempurnaan modul/kurikulum yang sudah pernah dibuat dan digunakan pada training di tahun pertama.

Langkah ini diambil atas dasar masukan peserta dan para mentor di tahun pertama untuk memperkaya modul/kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan terupdate dari media digital lokal. Selain revisi modul, forum yang berlangsung pada 27-29 Januari 2022 ini juga mendiskusikan tentang metode training dan proses seleksi peserta berbekal evaluasi Y1.

Kegiatan diikuti oleh 23 pemimpin redaksi media di Jakarta dan perwakilan wilayah seperti Jawa Timur, Bali, Sulawesi, dan Papua. Kombinasi peserta diharapkan dapat memperkaya modul dengan memperhatikan kebutuhan media online di daerah. Para peserta mastering dan TOT ini juga merupakan trainer untuk training penguatan dan pengembangan media digital. Sebagian besar sudah terlibat pada pembuatan modul tahun pertama dan sisanya adalah peserta baru dengan keahlian yang diharapkan bisa memberikan perspektif baru dalam melengkapi modul/kurikulum. 23 peserta ini termasuk Iin Yumiyanti (Pemimpin Redaksi Haibunda.com), Citra Dyah Prastuti (Pemimpin Redaksi KBR.id), Yuli Sulistyawan (GM Content Tribunnews), Suwarmin (Direkutr Bisnis dan Konten Solopos).

TOT menghadirkan beberapa narasumber. Ini termasuk Senior Director Media Business Newsgain Jason Lambert, Country Director Dailymotion Bunga Anggraini, dan Chief Technology Officer Buddyku-MNC Heru Tjatur. Ketiganya memberikan masukan dan insight untuk aspek penting bisnis dan sumber pendapatan (revenue), hingga infrastruktur digital (teknologi).

Hasil dari mastering dan TOT adalah modul/kurikulum yang lebih komprehensif. Selain tujuh materi yang diperbaharui dan terdiri dari Business Environment, Brand Development, Business Development, Content Development, Distribution Development, Audience Development, dan Revenue Development, ada penambahan materi menjadi delapan dengan Technology Development.