Program Berjalan

Provincial Media, National Advertising (Piloting and Launching Quality Media and Adv Agency)

Administrator
Senin 1 Juli 2024
Provincial Media, National Advertising

Melalui kegiatan ini, goal besar AMSI adalah membuat microsite atau network hub untuk agensi/biro iklan. Tujuan utamanya ialah sebagai platform pertukaran pasar periklanan serta menciptakan jejaring antara media lokal dan periklanan. Hal ini didasari oleh hasil Survei Lanskap Media Digital di Indonesia yang digarap AMSI dengan dukungan Internews dan USAID MEDIA pada Y1, 2021.

Salah satu temuannya merujuk pada minat biro iklan nasional bekerja sama dengan media lokal masih rendah karena kurangnya informasi yang memadai dari biro iklan tentang lokal geografi media hingga profil media. Selain itu, akses media lokal ke lembaga nasional masih minim karena terbatasnya jaringan dan informasi kebutuhan klien lembaga nasional terhadap media lokal.

Dalam implementasinya, agensi AMSI dibantu oleh Newsgain untuk mengadopsi Ads for News (AFN). Ads for News sendiri merupakan sebuah inisiatif global untuk mengembangkan iklan digital terprogram (programmatic ads) untuk mendorong agar media menerapkan prinsip pengelolaan media yang baik dan transparan (trusted news) serta ke depan mendorong pengiklan memberikan dukungan pada media yang bekerja menerapkan prinsip keamanan brand (brand safety).

Ada beberapa step yang harus dilakukan sebelum microsite agensi diluncurkan. Ini termasuk kurasi media dengan dua tahapan, yakni machine vetting dan human vetting.

Secara garis besar, machine vetting menggunakan software tertentu untuk memastikan apakah domain tersebut merepresentasikan media berita (news website), mengestimasi skala media (estimate size) dan menentukan prioritas. Lebih detail aspek performa ini mencakup diantaranya: melihat skor optimasi mesin pencari (Search Engine Optimization), aksesibilitas, adsense, RSS, tingkat responsive website dll.

Sementara human vetting adalah pemeriksaan berdasarkan petunjuk pengkodean (guideline codebook) yang telah disiapkan Newsgain yang meliputi 9 komponen yaitu: etik (ethics/code of conduct), kepemilikan (ownership), kebijakan privasi dan syarat & ketentuan (privacy/T&C), nama penulis (bylines), sumber penulisan (sources), label opini (label opinion), label konten berbayar (paid content label), dan ukuran iklan (ad density).